LP Ma’arif NU Kab. Purwakarta Mengikuti RAKERWIL LP Ma’arif PWNU Jawa Barat

Purwakarta, 19 Februari 2021. Lembaga Pendidikan Ma’arif NU PWNU Jawa Barat, telah melaksanakan Rapat Kerja Wilayah (RAKERWIL) yang mengambil tema “Menjadikan LP Ma’arif NU Mandiri, Profesional, Unggul, Bersaing dan Modern, yang berlangsung di Gedung Pasca Sarjana Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung, yang di buka oleh Ketua PWNU Jawa Barat KH Hasan Nuri Hidayatulloh,  kamis 18 Februari 2021. Alhamdulillah dari LP Ma’arif NU Kab. Purwakarta dapat menghadiri acara tersebut yang dihadiri langsung oleh Ketua LP Ma’arif NU Kab. Purwakarta yaitu Bapak Ating Supardi,M.Pd.


Menurut Gus Hasan sapaan akrab Ketua PWNU Jawa Barat yang sangat gaul dan penuh dengan canda, menyampaikan kepada seluruh pengurus LP Ma’arif NU Wilayah dan Cabang yang hadir dalam Rakerwil ini,  bahwa mengurusi pendidikan  harus memiliki  kesadaran keikhlasan dan keistiqomaan dalam jamiiyah dalam menyelenggarakan satuan pendidikan yang berkarakter Aswaja an-nahdliyah, karena lembaga pendidikan Nahdlatul Ulama adalah pencetak generasi pewaris NU ke depan.   tegasnya.

Rakerwil LP Ma’arif NU PWNU Jabar berlangsung  selama dua hari dari tanggal 18-19 Februari 2021, yang di ikuti oleh seluruh pengurus Wilayah dan Cabang LP Ma’arif NU se- Jawa Barat. Pada saat sambutan Prof Dr, Ulfiah  Ketua LP Ma’arif NU PWNU Jawa Barat menyampaikan  bahwa sebuah lembaga yang dinamis adalah bukti bahwa lembaga tersebut melaksanakan berbagai kegiatan yang sudah diprogramkan. Kami menyadari bahwa program yang sudah ditetapkan harus dilaksanakan semaksimal mungkin. Dalam perjalanaan kami selama 7 bulan menjalankan roda organisasi tentunya bukan tanpa persoalan, tetapi Alhamdulillah semua proses dalam rangka penguatan organisasi bisa berjalan sebagaimana mestinya, ungkapnya

Selanjutnya, Bu Prof sapaan akrab beliau  mengungkapkan berbagai program dan aktivitas dalam forum Rakerwil bahwa apa yang menjadi tugas yang diberikan oleh Ketua PWNU Jawa Barat kepada kami yaitu Penataan Database Potensi Sekolah/Madrasah dibawah binaan LP Ma’arif PWNU Jawa Barat dan Penyusunan Buku Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal lhamdulillah sudah terselesaikan. Kemudian beberapa hal  yang sudah dan akan dilaksanakan oleh LP Maarif PWNU Jawa Barat diantaranya : (!)  Diklat Calon Kepala Madrasah bekerja sama dengan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Bandung yang akan di laksanakan di Kab. Cianjur, kegiatan ini sebagai salah satu komitmen dalam memberikan manfaat nyata bagi satuan pendidikan di lingkungan LP Ma’arif NU Jawa Barat,. (2) Peningkatan Kompetensi guru IPA di lingkungan LP Maarif PWNU Jawa Barat bekerjasama dengan P4TK IPA Kemendikbud yang sudah dilaksanakan di 2 (dua) Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Garut,.Tentunya program ini kedepan akan terus di tingkatkan, selaras dengan MOU yang sudah dilakukan oleh LP Maarif PWNU Jawa Barat dengan P4TK IPA Kemendikbud, tegasnya

Dalam forum Rakerwil ini juga dilakukan penandatanganan MOU LP Ma’arif NU PWNU Jawa Barat dengam Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung untuk pemberian beasiswa bagi Kepala Sekolah/Madrasah, TU, Guru dilingkungan satuan pendidikan LP Ma’arif NU se Jawa Barat.

Sementara Sekretaris  LP Ma’arif NU PBNU Harianto Oghie  yang hadir dalam Rakerwil tersebut menyampaikan pentingnya penatan dan penguataa kelembagaan LP Ma’arif NU dan satuan pendidikan dilingkungan LP Ma’arif NU se Jawa Barat, karena hal ini  akan menjadikan LP Ma’arif NU semakin berkualitas dan diperhitungkan. Oleh karenanya,  seluruh  pengurus LP Ma’arif NU harus mampu melakukan inovasi-inovasi yang kreatif dalam melakukan kolaborasi/kerjasama dengan pihak-pihak lain yang memiliki visi yang sama untuk memajukan pendidikan kita, imbuhnya.

Forum Rakerwil  Ma’arif NU Jawa Barat menghadirkan Narasumber  diantaranya  H Syaiful  Huda, (Ketua Komisi X DPR RI), Dr. H. ROHMAT MULYANA SAPDI, M.Pd (Sekretaris Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI) dan H. Yanuar Prihatin, M.Si (Anggota DPR RI Fraksi PKB/ Motivator), ungkap ketua panitia Rakerwil  LP Ma’arif NU Jawa Barat Ganjar Abdul Mujib.

Dengan adanya Rapat kerja wilayah LPMNU se jabar itu sangat bermanfaat bagi LP. Ma’arif yg ada di Kabupaten/Kota di Jawa Barat sehingga keberadaan LPMNU tiap-tiap Kabupaten eksistensinya terlihat selain itu juga akan terbangun sinergisitas antar lembaga. Di sela-sela rakerwil tersebut juga dilakukan MoU antara LPMNU Jabar dengan Universitas Islam Nusantara (UNINUS) perihal pemberian beasiswa S.1, S.2 bahkan S.3  untuk guru sekolah/madrasah, kepala sekolah/madrasah dibawah naungan LPMNU masing-masing Kabupaten/Kota bahkan beasiswa tersebut diperuntukan bagi pengurus LPMNU Kabupaten/Kota mulai dari jajaran ketua sampai ke anggota. Ungkap Ketua LP Ma’arif NU Purwakarta Ating Supardi,M.Pd.//admin.