PERBAIKI SHOLATMU

Oleh : Anhar Haryadi

Orang yang sedang memperbaiki sholatnya sebenarnya sedang memperbaiki seluruh hidupnya. Jika kau ingin memperbaiki hidupmu, maka dimulailah dari memperbaiki sholatmu.

Jika kita tidak mengetahui harus memulai dari mana untuk memperbaiki hidup kita, maka mulailah untuk memperbaiki shalat kita dan memperbaiki diri kita. karena saat kita mampu memperbaiki keduanya sudah pasti Allah akan memperbaiki hidup kita.

Banyak kesalahan yang kita lakukan entah itu sengaja maupun tidak sengaja, hingga akhirnya kita sampai pada titik dimana kita akan bertanya “Apa selamanya aku akan menjadi begini? Tanpa perubahan? Dari pertanyaan itulah akhirnya seseorang ingin memperbaiki diri menjadi yang lebih baik.

Hingga, akhirnya muncul kembali pertanyaan “Terus harus mulai dari mana?”. Nah, disaat pertanyaan itu muncul dibenakmu maka perbaiki dirimu melalui shalatmu.

Dan mengapa kita harus memperbaiki shalat terlebih dahulu untuk menjadi lebih baik? Sebab Sholat merupakan Tiang agama dan juga shalat merupakan ibadah yang paling utama dalam menghamba kepada Allah. Diantara banyak perbuatan untuk beribadah kepada Allah dan Rasul-Nya, maka perintah “Melaksanakan sholat” adalah hal yang paling diutamakan.

Sesuai dengan sabda Allah SWT dalam  (QS.Ta Ha:14) :

“Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku”.

Oleh karena itu, Jangan pernah kita melewatkan shalat, Karena ada jutaan manusia di alam kubur yang ingin dihidupkan kembali hanya untuk bersujud kepada Allah sekali lagi. Dan jangan sampai kita meleha-lehakan sholat karena Allah selalu menyemangati dengan Hayya ‘alas shalah (marilah shalat), Hayya ‘alal falah (marilah menuju kemenangan). Bahwa jarak kemenangan hanya berkisar antara kening dan sajadah.

Saudaraku,…
Kemurnian Sholat, hendaklah dilakukan dengan IKHLAS & KHUSYU’ dimana Orang dapat dikatakan khusyu’ dalam shalat, apabila saat shalat itu HATI DAN PIKIRAN serta PERHATIANNYA benar-benar hanya terpusat kepada Allah. Inilah puncak dari khusyu’ itu
Saat melakukan Sholat, maka yakinilah seolah-olah kita melihat Allah dihadapan kita dan kalau itu tidak bisa, kita harus yakin bahwa ALLAH YANG MELIHAT KITA, Dia melihat dan mengetahui apa yang kita lakukan, apa yang ada dalam pikiran kita serta apa yang terbersit di dalam hati kita. Pemaknaan seperti ini lazim disebut dengan IHSAN.

Lakukan IBADAH SHOLAT dengan sungguh-sungguh, janganlah kamu menganggap sholat itu sebagai kewajiban semata agar kamu dapat menikmati dengan indah kehadiran Allah SWT. saat kamu sholat, dan janganlah kamu melaksanakan sholat sebatas penggugur kewajiban saja agar kamu bisa fokus dan tidak terburu-buru dalam mengerjakannya

Semoga hari ini lebih baik dari hari-hari kemarin…